google.com, pub-7898008973708560, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Bambu dan Kelebihannya | Biografi Nusantara Halloween Costume ideas 2015

Tanaman Bambu dan Kelebihannya



Bambu adalah tanaman rakyat yang terpenting. Tiada tumbuhan yang dapat menandingi bambu dalam hal pemanfaatan. Ia dapat menjadi makanan, dapat pula menjadi rumah dan perabotan. 


Dapat menjadi rakit dan jembatan, dapat pula menjadi alat musik bersuara merdu. 


Anyaman bambu dapat dijadikan aneka barang keperluan sehari-hari. Ribuan macam benda dapatdibuat dari bambu.Ciri khas bambu adalah batangnya yang berongga, beruas-ruas, dan berbuku-buku. Tumbuhan bambu membentuk rumpun yang rapat. Kalian dapat mendengar suara desis yang khas jika batang-batang bambu saling bergesekan.


Tanaman Bambu dan Kelebihannya


Bambu tergolong ke dalam bangsa poceae. Bambu banyak sekali jenisnya. Ada sekitar 45 generasi dengan sekitar 600 spesies bambu di dunia. Bahkan ada ilmuwan yang menyebutkan bambu ada sekitar 1.200 spesies. Itu dapat terjadi karena ada bambu yang sama tetapi dikenal dengan nama ilmiah yang berbeda-beda.


Bambu berbeda-beda pula ukuran. Ada yang tumbuh setinggi beberapa puluh sentimeter saja, ada juga yang tinggi menjulang hingga puluhan meter. Ada yang diameternya kecil seperti pensil, ada juga bambu-bambu raksasa. Contohnya bambu betung dari Asia Tenggara yang diameternya dapat mencapai 30 cm.Bambu memiliki banyak keunggulan. Sekali ditanam, tunas-tunas bambu terus bermunculan, sehingga menyerupai hutan kecil yang sulit ditembus. Selain itu pertumbuhannya sangat cepat. Bambu juga cepat matang. Dalam waktu 3-5 tahun saja, sudah dapat dipetik hasilnya, sementara itu pohon-pohon kayukayuan perlu menunggu sampai 20 tahun sebelum dapat diambil hasilnya.


Bambu cepat sekali memberi manfaat. penebangan dan pengolahannya pun tidak terlalu sulit.


Bambu memiliki sifat ringan, lentur tetapi amat kuat. Namun, bambu juga memiliki beberapa kekurangan. Bambu sangat mudah terbakar. Bambu yang basah lama-lama akan menjadi lapuk. Bambu sudah menjadi teman manusia sejak zaman prasejarah. Sebelum mengenal semen dan tembok, manusia telah menggunakan bambu untuk dijadikan jembatan dan rumah. Bambu juga digunakan untuk menjadi senjata.


Bambu menjadi bagian penting dalam sejarah. Di Cina misalnya, tulisantulisan bersejarah dari abad 2 SM ternyata ditulis pada lempengan. Lempengan dari bambu. Pada era berikutnya, orangorang Cina menggunakan bambu untuk dijadikan bahan baku kertas.Tahukah kamu, saat ini ada sekitar 2,2 miliar penduduk bumi yang memanfaatkan bambu, baik untuk perumahan, makanan, barang sehari-hari, obat-obatan, maupun sumber penghasilan. Rumah-rumah dari bambu lebih tahan terhadap gempa bumi daripada rumah tembok. ini karena sifat bambu yang kuat, ringan, dan lentur.


Pada negara-negara yang rawan gempa bumi seperti Jepang. rumah-rumah rakyat dibuat dari bambu.


Bukan hanya manusia yang mengambil manfaat dari bambu. Hewan pun banyak pula yang bergantung pada bambu. Misalnya saja Panda, selain panda ada juga berbagai jenis tikus dan rodensia yang menjadikan rumpun bambu sebagai tempat bersarang. beberapa jenis kelelewar ada juga yang suka berumah di sela rumpun bambu yang lebat. Ternyata banyak sekali kelebihan bambu.


Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget