Halloween Costume ideas 2015

Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok



Pernah dengan peristiwa Rengasdengklol pada masa-masa kemerdekaan? Berikut ini ulasan apa latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok.


Pada 15 Agustus 1945, Jepang menyatakan menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Berita penyerahan Jepang ini pun didengar Syahrir dari siaran radio Amerika. Kemudian, Syahrir menyampaikan  berita itu kepada Drs. Moh. Hatta dan Ir. Soekarno. 


Mereka pun lalu ke rumah Laksamana Maeda yang saat itu bertugas sebagai Wakil Angkatan  Laut Jepang di Jakarta. Dia membenarkan adanya berita bahwa Jepang telah menyerah kepada  sekutu.


Selanjutnya, Subadio Sastrosatomo dan Subianto segera menemui Drs. Moh. Hatta. Mereka meminta Drs. Moh. Hatta agar segera mencegah PPKI mengumumkan kemerdekaan. Kemerdekaan Indonesia haruslah diperoleh dengan kekuatan sendiri.


Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok




Golongan pemuda selanjutnya mengadakan rapat di ruang Lembaga Bakteriologi di Jln. Pegangsaan Timur Jakarta (sekarang Fakultas Kesehatan Masyarakat). Rapat tersebut dihadiri Chaerul Saleh, Wikana, Soebandrio dan  kawan-kawan. 


Rapat tersebut akhirnya menghasilkan beberapa keputusan, yaitu:




  1. Kemerdekaan adalah hak rakyat Indonesia;

  2. Pemutusan hubungan dengan Jepang;

  3. Diharapkan Ir. Soekarno dan Moh. Hatta untuk menyatakan Proklamasi Kemerdekaan.





Malam itu Wikana dan Darwis pergi ke rumah Ir. Soekarno, di Jln. Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Mereka menyampaikan mengenai hasil rapat bahwa Proklamasi  Kemerdekaan harus dilakukan pada tanggal 16 Agustus 1945. Akibatnya, antara golongan muda dan golongan tua pun terjadi perbedaan pendapat


Kemudian, golongan muda mengadakan rapat lagi. Berdasarkan hasil rapat itu, golongan  muda membawa Ir. Soekarno dan Mohammad Hattadi asingkan ke luar kota. Tujuannya  adalah untuk menjauhkan keduanya dari pengaruh Jepang dan golongan tua


Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok


Pagi hari 16 Agustus 1945, Ir.  Soekarno dan Mohammad Hatta  pun dibawa ke Rengasdengklok. Di Rengasdengklok para pemuda terus berusaha  membujuk Ir. Soekarno dan Moh.  Hatta agar  segera melaksanakan  proklamasi kemerdekaan. 


Akhirnya, Ir. Soekarno dan Shodanco Singgih, sepakat untuk segera memproklamasikan kemerdekaan akan dilakukan setelah kembali  ke Jakarta.


Demikian artikel mengenai latar belakang peristiwa Rengas dengklok.


Labels:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget