Halloween Costume ideas 2015

Kisah Sipemegang Kepala Presiden RI Ke-6

Agus Wahidin saat memangkas rambut presiden SBY

BIOGRAFI - Siapa sangka seorang presiden terpaksa harus tunduk dan patuh setiap permintaannya,bukan saja orang tersebut tanpa sungkan-sungkan memegang kepala sang presiden ke-6. 

Tak sembarang orang boleh memegang presiden, apalagi bagian kepala. Namun, pria 49 tahun ini punya hak khusus.

Namanya Agus Wahidin. Pria ini adalah tukang cukur yang dipercaya untuk merapikan rambut Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Agus merupakan warga Kampung Parung, Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Garut, Jawa Barat. 

“Kampung saya memang seperti kampungnya tukang cukur. Banyak warga di sana yang memilih sebagai tukang cukur,” kata Agus yang punya pengalaman mencukur kepala orang selama 29 tahun.

Awalnya, ia mengaku tidak terpikiran untuk menjadi seorang tukang cukur karena memang tak ada satupun anggota keluarganya yang berkecimpung dalam dunia cukur-mencukur.

Dia mulai tertarik dengan pekerjaan itu karena melihat teman-temanya yang menjadi tukang cukur di Jakarta. Mereka bekerja dengan waktu yang fleksibel. 

“Kalau pegawai kan harus nunggu tanggal merah untuk libur. Nah sedangkan, tukang cukur tuh bebas kapan saja jika ingin libur," ujar Agus saat ditemui Otonomi.co.id di CrownPax Barber Shop, Minggu 8 Desember 2017.

Sekitar 1987, diapun memulai 'karier' sebagai tukang cukur di Garut. Beberapa tahun kemudian, dia memberanikan diri mengadu nasib sebagai tukang cukur di kota metropolitan, Jakarta.

Bertemu SBY

Agus mengenal Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu menjabat sebagai presiden dari Suripto. Dia adalah langganan setia Agus dan merupakan pegawai di kantor Sekretariat Negara.

Di masa kampanye Pemilihan Presiden 2004, Agus sempat menyatakan kepada tim sukses bahwa dia ingin mencukur rambut SBY. Sayangnya, SBY sudah punya tukang cukur sendiri.

”setelah enam bulan SBY dilantik, Suripto menghubungi saya dan meminta untuk memotong rambutnya presiden dan wakilnya, Jusuf Kalla. Saya merasa, doa saya didengar oleh Tuhan,” ungkap Agus.

Saat pertama kali datang ke Istana Negara, Agus tidak merasa grogi. Di sana, sudah disediakan tempat potong rambut layaknya barber shop biasa. 

Makanya, jiwanya sebagai tukang cukur pun keluar sehingga tanpa canggung dia bisa merapikan orang nomor 1 di Tanah Air, kala itu.

Proses memangkas rambut SBY kali pertama bagi Agus itu berlangsung sekitar 15 menit. “Awalnya saya tidak berpikir akan dipanggil lagi, karena kan tukang cukur pak SBY lagi sakit. Jadi saya hanya sekedar menggantikan dia hari itu saja,” tuturnya.

Ibu Negara saat itu, Ani Yudhoyono rupanya sreg dengan pangkasan Agus. Bapak dari tiga anak itupun diminta kembali lagi di kemudian hari untuk mencukur rambut SBY. 

Kala itu, Agus dipanggil dua atau tiga minggu sekali untuk merapikan rambut SBY.(otonomi)
Labels:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget