Halloween Costume ideas 2015

Berjibaku Melawan Orde Baru Demi Hak Umat Khonghucu

Thjie Tjay Ing gigih memperjuangkan agar negara mengakui Khonghucu menjadi agama resmi di Indonesia meskipun harus berhadapan dengan rezim represif Orde Baru.

Biografi - Soeharto memang belum sepenuhnya resmi menjadi presiden RI kala itu. Namun, saat itu pengaruhnya sudah begitu kuat. Pasca Gerakan 30 September 1965, pengaruh Sukarno mulai memudar dan kuku kekuasaan Soeharto mulai mencengkeram. Salah satu aturan awal yang ditekankan oleh Soeharto adalah kebijakan asimilasi untuk warga etnis Cina di tanah air.

Tahun 1966, Soeharto mulai menerapkan kebijakan tersebut dengan menekan etnis Cina untuk mengganti nama mereka menjadi nama yang berlafal Indonesia (Leo Suryadinata, Etnis Tionghoa dan Nasionalisme Indonesia, 2010:220). Penggantian nama orang-orang peranakan Cina memang tidak diwajibkan, tapi seolah dipaksakan oleh rezim Orde Baru dengan dalih bukti kesetiaan atau identifikasi diri sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Apakah mereka semua lantas mengganti nama mereka? Banyak. Tapi tidak sedikit yang tidak mengubah namanya.

Salah satu yang terkenal adalah Soe Hok Gie. Aktivis yang terkenal dengan tulisan-tulisannya yang tajam dan kritis itu tidak mengubah namanya. Ia mengambil jalan yang berbeda dibandingkan kakaknya, Soe Hok Djin, yang mengubah namanya menjadi Arief Budiman.

Ada juga nama Yap Thiam Hien. Pengacara yang komitmennya membela hak-hak kaum marjinal yang terpinggirkan tak pernah surut hingga akhir hayat, dari kaum miskin hingga tokoh PKI, tetap menyandang nama Yap Thiam Hien.

Nama lain yang perlu diingat adalah Thjie Tjay Ing. Ia bukannya ingin melawan kehendak pemerintah. Ia tetap kukuh dengan nama Tionghoa-nya semata-mata untuk menghargai leluhur serta ayah dan ibunya. “Saya tidak mau ganti nama. Saya tetap pakai nama Tionghoa karena ini pemberian orangtua. Apa yang sudah diberikan orangtua harus dijaga,” tegasnya suatu kali.

Orde Baru menjadi masa sulit bagi Thjie Tjay Ing dalam upayanya memperjuangkan agar Khonghucu diakui sebagai salah satu agama resmi di Indonesia. Namun, Thjie Tjay Ing tidak gentar menghadapi apapun yang bakal terjadi.

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget