google.com, pub-7898008973708560, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Perlombaan Belanda vs Inggris Merambah Rimba Papua | Biografi Nusantara Halloween Costume ideas 2015

Perlombaan Belanda vs Inggris Merambah Rimba Papua

Tiga ekspedisi menyingkap rimba Papua di awal abad ke-20. Dari yang dilatari semangat saintifik hingga penguasaan wilayah.

Biografi - Pada 1623 seorang pelaut VOC bernama Jan Cartensz mengabarkan adanya rangkaian gunung yang puncaknya berselimut salju di Papua. Karena wilayah itu begitu dekat dengan garis khatulistiwa, tentu saja informasi itu dianggap aneh. Informasi itu berlalu begitu saja hingga lebih dari dua abad berikutnya.

Sampai awal abad ke-20, pedalaman Papua adalah misteri. Naturalis Alfred Russel Wallace menyebutnya "terra incognita terbesar di bumi". Tetapi, setidaknya suatu usaha untuk mengenal tanah antah berantah itu telah dilakukan, dimulai dari pesisirnya.

Pada 1903 seorang geolog cum sejarawan bernama Prof. Dr. C.E.A. Wichmann menjelajahi Teluk Geelvink (sekarang Teluk Cendrawasih) hingga Teluk Humboldt (sekarang Teluk Yos Sudarso) di pesisir utara. Itulah ekspedisi ilmiah pertama ke Papua. Selain mengumpulkan data geografi fisik, ekspedisi Wichmann sekaligus mencoba mencari cebakan batu bara yang bisa dieksploitasi.

Lalu sebuah ekspedisi besar memasuki pedalaman Papua diinisiasi Dr. Hendrikus Albertus Lorentz pada 1907. Itu bukan penjelajahan pertamanya. Ia telah mengakrabi Papua sejak ikut dalam ekspedisi Prof. Wichmann. Ekspedisi Dr. Lorentz mencoba memasuki pedalaman dari sisi selatan sebelah timur dan selanjutnya mencoba mendekati puncak-puncak bersalju di pegunungan tengah Papua.

Labels:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget